Resep Klepon Ubi Kuning isi gula Merah
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Resep Klepon Ubi Kuning isi gula Merah

Topic [Show]

Cara membuat Klepon Ubi © Respontrik Ubi adalah salah satu palawija yang mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini mampu hidup dimana saja terutama diwilayah beriklim tropis. Tahukan kamu, masyarakat di desa sering memanfaatkan ubi jalar sebagai ladang bisnis yang paling mudah dan tidak membutuhkan modal besar. Mereka mengolah ubi tersebut menjadi jajanan klepon, klepon adalah makanan yang terbuat dari ubi dan gula dengan ciri khas berbentuk bulat. Secara umum, klepon disajikan bersama parutan kelapa dan dihidangkan dalam keadaan hangat maupun dingin. Sebagian masyarakat juga membuat klepon dari tepung sehingga menghasilkan rasa yang lebih kenyal dan lembut. Jika kamu adalah salah satu orang yang menyukai klepon, maka tidak ada salahnya Membuat sendiri dirumah. Saya tidak bisa, Bagaimana caranya ? Anda cukup mengikuti beberapa panduan yang akan saya bagikan ini yang dikutip dari beberapa sumber media kuliner jajanan Indonesia. Nah apakah kalian tertarik ingin mencoba membuat sendiri dirumah ? Silahkan ikuti beberapa langkah cara membuat klepon dibawah ini.
DAFTAR ISI

Resep klepon ubi merah

Cara membuat klepon ubi merah, resep klepon enak, kumpulan resep klepon, bahan membuat klepon ubi Klepon ubi merah adalah salah satu makanan untuk cemilan yang dibuat dari bahan dasar ketan dan ubi merah. Cocok dijadikan sebagai cemilan saat pagi dan sore hari bersama keluarga dirumah. Tertarik ingin membuat klepon ubi seperti pic diatas ? Ikuti beberapa panduan dibawah ini ...

Waktu Persiapan 1 Jam (Menyesuaikan)
Waktu Memasak 1 Jam (Menyesuaikan)
Takaran 1 Porsi
Tag Cara membuat klepon ubi merah, resep klepon enak, kumpulan resep klepon, bahan membuat klepon ubi


Kandungan Nutrisi
  1. Kalori 0 calories
  2. Fat 0 Gram
BAHAN - BAHAN
  1. Siapkan 250 Gram Ubi merah mentah
  2. Siapkan 20 Gram tepung Tapioka
  3. 2 Gelondongan Gula merah / Gula jawa
  4. Air putih Secukupnya
  5. Setengah kelapa yang sudah diparut
  6. Garam dapur secukupnya
Bahan bahan diatas memang sangat mudah ditemukan disekitar kita sehingga proses persiapan ini akan semakin singkat. Nah untuk cara membuat klepon ubi ini sangat mudah lho ? Ikuti panduan dibawah ini.

Cara Membuat Klepon Ubi

  1. Kukus Ubi jalar. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, Cuci ubi yang sudah disiapkan lalu kukus sampai matang. Apabila ubi jalar sudah matang, silahkan haluskan. Untuk memudahkan proses ini anda bisa menggunakan benda tumpul dan usahakan benar - benar halus. Apabila sudah halus, sisihkan dan biarkan sampai rebusan ini berbah menjadi dingin.
  2. Buat adonan Klepon. Apabila Ubi sudah dingin, ambil tepung tapioka dan taburkan kedalam ubi yang sudah dihaluskan tersebut. Agar semua bahan tercampur secara merata, anda bisa menggunakan kedua tangan untuk mengulegnya. Agar adonan tetap seteril, bungkuslah tangan kamu menggunakan sarung tangan plastik atau silikon dan masukkan sedikit garam lalu uleg menggunakan kedua tangan sampai adonan benar benar tercampur.
  3. Potong Gula merah. Dalam langkah ini, siapkan gula merah atau gula Jawa lalu potong - potong menggunakan pisau dengan ukuran kecil sekitar 1 atau kurang dari 1 cm, tergantung ukuran klepon yang akan anda buat. Jika kamu membuat klepon besar ukuran kelereng besar maka bisa memotong gula Jawa dengan ukuran 1 cm (Menyesuaikan).
  4. Buat Bulatan dan Beri Gula Jawa. Pakailah sarung tangan kembali lalau amhil adonan dan irisan gula Jawa tersebut lalu bentuk menjadi bulatan kecil atau besar. Apabila bulatan sudah jadi, masukkan irisan Gula jawa kedalam bulatan tersebut
  5. Rebus Bulatan klepon. Apabila bulatan sudah diisi dengan gula Jawa maka langkah berikutnya adalah merebus klepon mentah kedalam air mendidih. Tunggulah hingga beberapa menit sampai klepon terlihat mengambang yang artinya klepon sudah matang. Jika sudah matang, segera angkat kemudian tiriskan agar kandungan air menghilang.
  6. Kukus Parutan Kelapa. Ambil parutan kelapa tersebut lalu kukus dan beri sedikit garam agar kelapa tidak mudah basi. Kukuslah menggunakan panci yang ada saringannya agar tidak tersentuh air dan mengakibatkan rasa manis kelapa hilang. Proses pengukusan kelapa ini hanya beberapa menit lho karena jika terlalu matang maka rasanya kurang enak. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan agar uap hasil rebusan kelapa menghilang.
  7. Sajikan Klepon ubi. Sebelum menyajika, taruhlah kepala kedalam piring atau baskom lalu gulingkan klepon kedalam kelapa sampai semuanya terlumuri parutan kelapa. Setelah itu silahkan ambil piring saji lalu Sajikan dalam keadaan hangat.
5 Ulasan 9860 reviews