Fakta dan Mitos Kucing Belang tiga jantan dimakan induknya dan Langka
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Fakta dan Mitos Kucing Belang tiga jantan dimakan induknya dan Langka

Topic [Show]

Kucing belang tiga sering dibicarakan oleh masyarakat di berbagai wilayah khususnya Jawa. Mereka menggap jika kucing yang memiliki 3 warna atau belang tersebut memiliki arti tersendiri terutama untuk pemilik-nya. "Memang orang Jawa sering mengaitkan sesuatu dengan nasib kehidupan", sebagian yang tidak tahu akan kebenaran tersebut pasti akan merasa ada yang aneh dan bingung sendiri. Seperti yang dikutip dari sumber kompasian.com yaitu "seseorang yang memelihara kucing belang tiga adalah orang yang akan memperoleh kekayaan dan kemakmuran". Apakah ini Fakta atau Mitos ?

Jujur saya sendiri adalah orang Jawa tengah dan tidak tahu mengenai makna yang terkandung pada kucing belang tiga tersebut, Hanya saja saya ikut penasaran sehingga mencari berbagai sumber informasi yang membahas hal tersebut lalu saya saring dan tuangkan ke-halaman ini.

Ternyata cerita kucing belang tiga ini tidak populer di Indonesia saja Lo gaes, Negara luar pun menanggapi kebenaran-nya bahwa kucing yang memiliki bulu 3 warna dipercaya akan mendatangkan keberuntungan oleh siapapun yang merawatnya. Di negara Amerika, Kucing ini juluki sebagai Calico dan di Negara chatte d'Espagne, sedangkan di Negara Jepang dikenal mi-ke. Namanya unik-unik ya, tapi tetap saja symbolnya kucing belang. Mari kita telusuri lebih dalam .....

Dilangsir dari buku hasil karya Richard Robinson yang berjudul Mosaicism, disana tertulis bahwa kucing yang memiliki tiga warna memiliki arti yaitu kucing tersebut tidak tergolong pada setiap ras tertentu. Dalam buku tersebut juga ditulis bahwa kucing tersebut termasuk dalam ras Manx. Ciri cirinya hampir menyerupai kucing lokal di Indonesia yaitu berbulu pendek. Selain itu, kucing belang tiga juga sering ditemukan pada ras britania raya, ras kucing persia, kucing bundel Jepang serta kucing ras can Turki. Baik, mari kita bicara soal Biologi

Berdasarkan dari faktor Genetik, 99% kucing belang tiga ini terdiri dari betina. Sisanya 1% terdiri dari kucing jantan yang berarti tidak semua orang memiliki bahkan sulit untuk memelihara jenis ras ini. Kenapa ? Hal ini disebabkan oleh dasar genetik kucing tersebut yaitu :

  • Pada kucing jantan ternyata dicirikan dengan kromosom y dan
  • Pada kucing betina dilambangkan dengan kromosom x
  • Sehingga genetik untuk kucing yang memiliki warna oranye atau bahkan hitam tersebut membuat lambang krimosom x

Nah apabila ada kucing dengan tambahan warna bulu, itu tidak disebabkan oleh gen warna bulu tersebut melainkan dipengaruhi oleh adanya perubahan warna namun tidak mendapat pengaruh apapun dari kromosom x dan y. Mungkin ada yang bertanya juga "kenapa kucing belang tiga jantan sangat langka", hal itu terjadi karena turunan gen yang dihasilkan oleh induk kucing dan pasti ada faktor khusus lainya. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pernyataannya tentang kucing jantan belang tidak selalu dimakan induknya tersebut adalah mitos belaka.

Sampai disini apakah sudah paham dengan kucing belang tiga ? "Saya belum paham mas, kurang rinci jawaban nya" Ok ... Simaklah beberapa Fakta dan Mitos Kucing Kembang Telon atau belang tiga dibawah ini.

Fakta dan Mitos Kucing Belang tiga jantan dimakan induknya dan Langka

Fakta dan Mitos Kucing belang tiga atau kembang telon

  1. Calico bukanlah ras. Nama tersebut bukanlah nama dari ras kucing melainkan karena bulu kucing yang terdiri dari 3 warna yang bisa diartikan juga dengan nama ras bulu pada kucing. Ras ini berlaku untuk semua jenis kucing baik kecil maupun berbadan besar, jari syarat utama agar kucing bisa dinamai Calico yaitu harus terdiri dari 3 warna yang umumnya adalah putih bercampur bercak oranye, warna kuning dan hitam. Semua warna tersebut harus berada pada seekor kucing
  2. Genetiknya Misterius. Kucing belang tiga ini sering dijadikan penelitian oleh beberapa ilmuwan karena dianggap memiliki genetik yang sangat misterius, tentu hal ini tidak lepas karena warna yang melekat pada bulunya dan kebanyakan adalah betina yaitu dengan kromosom X. Jika salah satu kromosom pada kucing dinonaktifkan, maka bentuk polanya Berbah menjadi random atau acak dan inilah yang menyebabkan warna bulu pada kucing tidak selalu sama. Penelitian ini sudah dilakukan oleh beberapa ilmuwan sejak tahun 1940 yang lalu hingga sekarang.
  3. Masa kehidupan. Rata rata kucing belang tiga ini mampu bertahan hidup selama 12-16 tahun dan tentu tidak semua kucing mengalami masa yang panjang tersebut, Apabila kucing belang tiga dirawat dengan baik dengan memperhatikan kesehatan maka usia kemungkinan bisa lebih Panjang daripada 16 tahun
  4. Pola Warna. Dari kebanyakan kucing belang tidak yang ditemukan oleh masyarakat, umumnya memiliki 3 macam pola warna yakni dilute atau bercak halus, Tabby, dan tortoiseshell. Kucing yang memiliki pola dilute cenderung dengan warna soft dan untuk tortoiseshell ini sering ditemukan pada vagina wajah, kaki dan dada dengan pola bintik-bintik.
  5. Dominan Betina. Ini yang sering menjadi perhatian masyarakat hingga saat ini karena sulit untuk mendapatkan kucing belang tiga jantan bahkan berdasarkan kesimpulan sebagai orang mengatakan, "Tidak akan pernah menemukan kucing belang tiga jantan karena dimakan Induknya" dan sedangkan Berdasar beberapa sumber mengatakan bahwa hal itu disebabkan oleh genetik kromosom yang unik sehingga 99,9% kucing belang tiga didominasi oleh betina yang artinya kucing belang tiga dimakan Induknya adalah mitos belaka
  6. Kucing belang tiga jantan pasti steril. Secara umum kucing kembang telon ini didominasi oleh betina namun bukan berarti jantan tidak ada, kucing jantan juga bisa ditemukan namun biasanya memiliki kelainan yang disebut sindrom Klinefelter serta masalah lain yang menyangkut kesehatan
  7. Memiliki Kepribadian unik. Unik yang dimaksud disini adalah memiliki sikap keras kepala sehingga susah untuk diatur, selain itu kucing belang tiga ini sangat pemberani sehingga bagi kalian yang ingin memelihara-nya harus siap siap menghadapi sifat tempramen-nya yang selalu berbeda dengan kucing ras lain (Tidak penurut).


Setelah mengetahui 8 fakta dan mitos kucing belang tiga diatas, apakah masih ingin memelihara kucing belang tiga jantan dan apakah kamu masih percaya dengan adanya mitos yang menyebutkan bahwa kucing belang 3 dimakan induknya, tentu tidak bukan ? Terimakasih sudah membaca informasi ini sampai selesai.