Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 7 - 8 kurikulum merdeka
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 7 - 8 kurikulum merdeka

Topic [Show]

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 7 - 8 kurikulum merdeka Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 7 - 8 kurikulum merdeka yang tertulis dalam halaman ini bersifat publik dan sebagai rujukan bersama. Jika anda kesulitan dalam mengerjakaan soal atau bingung saat mengoreksi hasil jawaban milik putra-putri anda, simaklah edukasi pendidikan berikut ini!

Namun perlu disadari, kita adalah manusia yang tidak lepas dari kesalahan. Tentu ungkapan ini berkaitan pula dengan "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 7 - 8 kurikulum merdeka" yang telah kami berikan untuk kalian. Maka dari itu, kami sangat menyarankan agar selalu membaca setiap soal dengan cermat sebelum akhirnya menjawab atau mencocokkan jawaban milikmu dengan kunci jawaban yang tersedia di bawah.

Daripada berbicara tanpa arah tujuan seperti angin berhembus bebas, cobalah pahami beberapa pertanyaan yang akan kita jadikan sebagai bahan rujukan pembelajaran berikut ini!

Soal Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 7 - 8 kurikulum merdeka

Tuliskan 5 kalimat transitif dan intransitif - Dalam pembelajaran hari ini, kita akan membahas secara detail terkait kalimat transitif juga intransitif. Untuk memudahkan pemahaman dalam kegiatan belajar ini, marilah lihat kunci jawaban bahasa indoneska kelas 4 halaman 6 kurikulum merdeka pada bab sebelumnya. Sebab, kunci jawabannya masih mengacu pada esai di halaman tersebut yang berjudul "Tak Muat Lagi".

Hanya saja, siswa didik perlu menulis masing-masing 5 kalimat transitif dan 5 kalimat intransitif yang tersedia pada esai "Tak muat lagi" di bab sebelumnya. Selain itu, semua siswa juga disuruh untuk menuliskan kata mana saja yang menjadi objek pada kalimat transitif tersebut.

Baiklah, saya pikir kalian sudah membacanya dan telah menemukan jawaban paling benar menurut pemahaman diri sendiri. Sekarang, mulailah cocokkan jawaban tersebut dengan kunci jawaban kelas 4 halaman 7 dan 8 kurikulum merdeka dalam bab berikut!

Kalimat Transitif Dalam Cerita Tak Muat Lagi

Berikut ini adalah daftar kalimat transitif yang sudah saya temukan sebagai kunci jawaban bahasa indonesia kelas 4 Sd halaman 7 - 8 kurikulum merdeka:

# 1. Cuaca panas membuatnya buru-buru masuk rumah

Objek dari kalimat tersebut adalah "-nya".

# 2. Lala mendapatkan kembali bajunya.

Objek dari kalimat tersebut yaitu "Bajunya".

# 3. Dengan sedih dia meraba bagian baju yang sobek.

Objek dari kalimat tersebut terletak pada kalimat "bagian baju yang sobek".

# 4. Lala melihat bayangan dirinya dan Kiki di cermin.

Objek dari kalimat tersebut terletak pada kalimat "bayangan dirinya dan Kiki".

# 5. Dia sudah tak cocok lagi memakai baju itu.

Objek dari kalimat tersebut terletak pada kalimat "baju itu".

Kalimat Intransitif Dalam Cerita Tak Muat Lagi

  • Kiki mengelak.
  • Lala berkeras.
  • Dia juga sulit bernapas dengan lega.
  • Kiki berteriak.
  • Lala terdiam.

Mengenal Kalimat Transitif dan Kalimat Intransitif

Saat mengakses situs respontrik, semua siswa maupun guru dan orang tua tidak hanya bisa mencari kunci jawaban saja. Namun terdapat pula alasan kuat mengapa jawaban tersebut dibenarkan. Jadi kalimat transitif adalah kalimat yang memiliki tiga bagian penting, yaitu Subjek, Predikat, dan Objek. Pada kalimat ini, kata kerja yang digunakan disebut verba transitif, yang membutuhkan objek untuk melengkapi maknanya. Tanpa adanya dukungan objek, maka kalimat transitif sifatnya tidak akurat, lengkap atau bahkan salah.

Sedangkan kalimat intransitif yaitu suatu kalimat yang hanya terdiri dari dua bagian unsur saja. Pertama ada "subjek", dan ada pula "predikat".

Namun perlu digaris bawahi, terkadang ada juga kalimat transitif dan intrasitif yang tidak memenuhi unsur wajib. Waktu atau keterangan tempat misalnya.

Nah itu dia beberapa kunci jawaban kelas 4 sd halaman 7 - 8 kurikulum merdeka yang dapat respontrik paparkan kepada kalian semua. Jangan lupa kata pepatah ya guys. "Orang tidak akan luput dari kesalahan" Ya, itu dia ungkapannya. Apa maksudnya? Kemungkinan besar kunci jawaban yang telah respontrik tulis diatas kurang maksimal. Oleh karena itu, sebagai siswa atau orang tua yang cerdas, perlu untuk mencari tahu jawaban terlebih dahulu sebelum menjiplak kunci jawaban dari halaman ini.

Terimakasih sudah membaca artikel pendidikan dari situs respontrik. Jangan lupa temukan pula kunci jawaban atau soal lainnya langsung melalui fitur pencarian yang tersemat diatas. Caranya, pertama klik icon cari >> masukman soal apapun >> lihat hasil pencarian >> buka kunci jawaban tersebut.

#Disclaimer
kunci jawaban kelas 4 sd halaman 7 - 8 kurikulum merdeka ini bersifat publik, sehingga semua orang dapat membaca dan menggunakan kunci jawaban yang telah tersemat. Namun ketahuilah, segala keuntungan maupun kerugian yang terjadi setelah membaca atau mengambil jawaban dari situs ini bukanlah tanggung jawab respontrik, staf editor, ataupun pemilik situs ini. Oleh karena itu, pikirkan dengan baik penggunaan materi yang ada. Jangan sampai disalah gunakan.