Bagaimanakah Cara Perusahaan Monopoli Memperoleh Atau Mempertahankan Keuntungan Diatas Normal
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bagaimanakah Cara Perusahaan Monopoli Memperoleh Atau Mempertahankan Keuntungan Diatas Normal

Topic [Show]

Bagaimanakah Cara Perusahaan Monopoli Memperoleh Atau Mempertahankan Keuntungan Diatas Normal? Berikut jawaban serta pembahasan terlengkap yang dapat kamu simak di situs Respontrik secara gratis.

Bagi sobat yang baru mengenal konsep pemasaran seperti ini, tentu akan bingung bagaimana sebuah keuntungan bisa di dapat olehnya.

Saya yakin itu. Bahkan kamu tidak pernah menyangka sebelumnya bahwa pasat monopoli seolah menjadi pemegang kendali atas semua harga yang terjadi di pasar.

Untuk mencari jawaban atas pertanyaan "Bagaimanakah Cara Perusahaan Monopoli Memperoleh Atau Mempertahankan Keuntungan Diatas Normal", simaklah apa itu pasar monopoli secara lengkap berikut ini.

Tentang Pasar Monopoli

Bukan merupakan sebuah fenomena semata, bahkan fenomena ini tidak termasuk dalam daftar papan permainan. Tetapi, pasar monopoli adalah suatu keadaan yang mana suatu perusahaan saat itu mendominasi juga memegang hak atas semua produk yang dijual. Akibatnya, jumlah keuntungan menjadi lebih besar daripada pasar umum.

Begini ilustrasinya! Ketika suatu perusahan bertindak sebagai penyelenggara pasar monopoli, maka secara tak langsung perusahaan tersebut akan memainkan peranannya sebagai pemegang kendali atas tinggi rendahnya harga.

Orang-orang sering menyebutnya bahwa ini adalah Price Maker yang merujuk pada produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan.

Dalam hal ini, orang yang bertindak sebagai pembeli bisa menunda transaksinya apabila harga yang ia peroleh di klaim terlalu mahal. Benar banget nih Guys. Biasanya mereka menunggu sampai harganya menjadi turun dab cocok dengan dompet mereka.

Karena adanya penundaan transaksi yang terjadi di pasar, maka muncul peraturan baru yang ditujukan untuk perusahaan sebagai penyelengara pasar monopoli.

Perusahaan tersebut bisa sepenuhnya mengendalikan harga, namun tetap harus memperhatikan murah dan mahalnya harga jual terhadap produk tersebut. Apakah sebanding dengan produknya atau justru sebaliknya.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa perusahaan yang menyelenggarakan pasar monopoli boleh membuat keputusan harga jual. Tetapi harus tetap memperhatikan produk yang ia jual.

Di Negara kita sendiri "Indonesia", terdapat perusahaan yang menyelenggarakan pasar monopoli. Tetapi tidak berdiri sendiri. Melainkan berasal dari Badan milik pemerintahan, yakni BUMN.

Bagaimanakah Cara Perusahaan Monopoli Memperoleh Atau Mempertahankan Keuntungan Diatas Normal

Bagaimanakah Cara Perusahaan Monopoli Memperoleh Atau Mempertahankan Keuntungan Diatas Normal

Perusahaan Monopoli memperoleh atau mempertahankan keuntungan diatas normal karena produk yang dijual menyangkut hajat hidup banyak orang dan diselenggarakan oleh perusahaan yang berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jawaban ini saya rangkum dari pengertian pasar monopoli yang sudah tertulis dalam bab di atas. Lebih jelasnya, simak penjabaran berikut!

Ada dua penjabaran yang akan saya bahas hari ini sesuai pertanyaan tersebut, yaitu:

1. Memperoleh Keuntungan Diatas Normal

Jelas bahwa perusahaan penyelenggara bisa memperoleh keuntungan lebih daripada mereka yang menjual produk secara umum. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan produk jual yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Biasanya, produk tersebut bersifat langka dan memiliki aturan khusus dalam hal pemasaran. Produk ini biasanya di kelola oleh perusahaan dan tidak bisa dimiliki oleh perorangan.

Contoh sederhananya ialah Produk bahan bakar yang mana harganya di banderol oleh perusahaan milik pemerintahan saja.


2. Mempertahankan Keuntungan Di Atas Normal

Perusahaan monopoli juga bisa mempertahankan keuntungan diatas normal karena produk di jual bukan produk sembarangan yang bisa di kelola oleh perorangan.

Menyinggung dari contoh sebelumnya yaitu Bahan bakar yang hanya dapat di kelola oleh perusahaan milik pemerintahan saja.

Seperti yang kita ketahui bahwa bahan masyarakat, khususnya Indonesia sangat bergantung pada bahan bakar. Sementara itu, orang-orang tidak bisa membelinya di sembarang tempat selain di eceran atau bahkan Pertamina.

Ketika hari ini konsumen tidak sanggup membeli, maka ia tidak bisa melakukan aktivitas mereka dengan kendaraan miliknya. Sedangkan harga BBM terus di banderol dengan harga yang sama.

Maka secara terpaksa masyarakat harus membelinya dengan harga yang berlaku saat itu yang sudah ditentukan oleh perusahaan monopoli tersebut.

Sampai kapan pun, ketika perusahaan monopoli tidak menurunkan harga, maka masyarakat tidak bisa berbuat banyak selain membelinya bahan bakar karena ketergantungannya.

Hal inilah yang menjadikan perusahaan monopoli bisa mempertahankan keuntungan di atas normal. Ingat ya, ini hanya pemahaman saya saja. Silahkan koreksi kembali.

Contoh Perusahaan Monopoli

Jangan salah ya Guys, di Indonesia ternyata punya perusahaan monopoli juga lo. Semuanya berada dalam kendali pemerintahan lewat Badan Usaha Milik Negara seperti yang sudah saya singgung sebelumnya. Contoh Pasar perusahaan monopoli di Indonesia sendiri ialah:

  1. Pertamina. Perusahaan ini menjual produk bahan bakar segala jenis kendaraan.
  2. PLN. Perusahaan ini menjual Daya listrik untuk memberikan pencahayaan dan mempermudah masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya melalui teknologi bertenaga listrik.
  3. PDAM. Perusahaan ini selalu memberikan asupan air bersih untuk menunjang kebutuhan banyak masyarakat.

Ketiga perusahaan tersebut di ambil alih oleh pemerintah karena alasan yang sangat penting.

Ya, karena masing-masing dari perusahaan tersebut selalu menyangkut hajat hidup banyak orang.

Apabila ketika jenis perusahaan monopoli tersebut berada dalam kendali swasta, maka pemerintah tidak dapat mengendalikan harga yang ideal untuk pemasaran. Terlebih ketika beberapa masyarakat sedang membutuhkan salah satu atau sebagian produk dari ketiga perusahaan tersebut.

Demikian lah informasi yang dapat saya tulis sebagai bentu jawaban atas pertanyaan, "Bagaimanakah Cara Perusahaan Monopoli Memperoleh Atau Mempertahankan Keuntungan Diatas Normal". Apabila jawaban ini kurang memuaskan, tulislah artikel pembenahan melalui formulir yang sudah saya sediakan.