Mata Kucing Berair ? inilah Penyebab dan obat tetes terbaik di apotik
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mata Kucing Berair ? inilah Penyebab dan obat tetes terbaik di apotik

Topic [Show]

Jika mata kucing berair maka sebagai pemilik piaraan tersebut seharusnya mengambil tindakan tersebut, jangan sampai sesuatu terjadi pada kucing kesayangan Anda. Pastinya kalian ingin terus bermain bersama kucing kesangan kamu dong ? Untuk itu, jagalah kesehatan kucing kamu dan selalu waspada terhadap sesuatu yang menimpa sang kucing. Dilangsir dari berbagai sumber, apabila kucing mengeluarkan air itu berarti dia dalam keadaan sakit, lalu apa yang menyebabkan mata kucing berair dan bagiamana cara mengatasinya ?

Pada dasarnya kucing bisa terkena penyakit mata seperti halnya berair, belekan, mata berubah menjadi merah, atau bahkan bengkak. Hal ini karena kucing tergolong makhluk hidup yang memiliki kesamaan hampir seperti manusia. Namun dalam kasus ini saya akan fokus membahas penyakit pada mata kucing berair, Tentu ada faktor yang menjadi penyebab hal tersebut dan ini wajib diketahui agar bisa dilakukan tindakan lebih lanjut terkait pengobatan.

DAFTAR ISI

Jangan pernah menganggap sepele !!! meskipun kucing hanya sekedar peliharaan, dia tetap memerlukan perhatian agar tetap bisa bertahan hidup dan berkembang biak. Memang secara umum jika mata kucing berair itu disebabkan oleh debu yang masuk ke mata, namun apa jadinya jika penyebab adalah virus yang mengancam nyawa kucing tersebut ? Tentu kalian tidak ingin kehilangan kucing peliharaan kamu dong ? Untuk itu, Bacalah 2 bab penting dibawah ini terkait penyakit mata yang menjadi penyebab semua itu.

Penyebab Mata Kucing Berair

mata kucing berair
1. Produksi Air Mata Ofer
Hal tersebut disebabkan oleh produksi air mata yang berlebihan sebagai bentuk adaptasi diri ketika bulu kucing berada didekat bola mata. Tujuannya adalah untuk menghindari kontak langsung dengan bulu tersebut sehingga kucing akan mengeluarkan air mata dan kondisi ini terbilang wajar, jadi apabila hal ini terjadi pada kucing kesayangan kamu maka tidak perlu khawatir.

2. Mata Luka akibat tergores
Ketika kucing Melakukan aktifitasnya, maka kemungkinan besar jari atau kuku nya menyentuh bola mata dan tentu ini tidak di sengaja oleh kucing. Akibat masuknya kuku pada bola mata tersebut kebanyakan meninggalkan luka gores yang mengakibatkan mata kucing mengeluarkan air. Pasti rasanya sangat perih dan apabila luka gores tersebut tidak kunjung sembuh maka dapat mengakibatkan radang konjungtiva yaitu suatu jenis penyakit mata pada kucing yang disebabkan oleh adanya bakteri yang masuk melalui luka dibagian tertentu. Alasan mata kucing berair ini sangat simpel yaitu sebagai bentuk pertahanan diri serta memberikan bakteri atau sejenisnya yang masuk kedalam luka tersebut. Apakah penyakit itu berbahaya ? Ya, Umumnya radang konjungtiva ini disebabkan oleh virus Veline Chylamidhopila dan apabila tidak diobati dengan serius maka dapat mengakibatkan kebutaan pada kucing. Yang perlu diperhatikan juga adalah, virus tersebut juga bisa muncul dari faktor lingkungan dan untuk menghindar hal ini, jagalah kebersihan kandang kucing sampai kapanpun.

3. Cacing Mata
Penyebab mata kucing berair lainya adalah karena adanya cacing yang menginfeksi mata. Cacing tersebut memiliki bentuk yang sangat tidak wajar yaitu super kecil namun tetap bisa dilihat oleh manusia meskipun tanpa menggunakan microscope, Gejala yang timbul umumnya gatal dan jangan pernah menganggap sepele karena hal tersebut dapat mengganggu penglihatan kucing. Cobalah perhatikan kucing kamu yaitu apabila sering mengucek matanya, silahkan periksa dengan cara membuka matanya dan amati apakah ada cacing didalamnya atau tidak.

Dalam bahasa ilmiah, Cacing tersebut diberi nama Thelazia Californiensis dan apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama maka dapat berkembang biak dengan cara bertelur didalam mata kucing dan apabila sudah berubah menjadi larva maka bisa pula dimakan oleh lalat yang berarti mata kucing sering dihinggapi lalat. Apabila hal tersebut terjadi maka bahaya pun semakin besar yaitu bisa saja lalat akan meninggalkan bakteri. Akibat dari Cacing mata tersebut maka kucing akan terkena penyakit yang disebut Konjungtiva atau radang selaput mata. Wah wah, ternyata sangat beresiko juga ya, Hanya karena cacing mata dapat menjalar ke komplikasi. Untuk itu agar semua itu tidak terjadi, ketika menemukan adanya cacing didalam mata kucing, segeralah hubungi dokter khsus hewan agar simeong mendapat perawatan secara tepat.

4. Nasolaccrimal Occlusion
Istilah tersebut masuk dalam kategori gangguan mata yaitu pengeringan air mata pada kucing. Organ tersebut berfungsi untuk mengatur kadar air dalam bola mata dimana waktu yang tepat untuk kucing melumasi mata dan kapan waktu yang tepat untuk mengeringkan-nya yang bisa bekerja berdasarkan rangsangan. Namun apabila Nasolaccrimal Occlusion bermasalah tentu kinerjanya tidak bisa stabil dan masalah umum yang sering terjadi adalah air mata yang keluar berlebihan sehingga menyebabkan mata kucing berair tanpa henti.

5. Radang paru Kucing
Jika manusia yang terkena penyakit ini maka umumnya akan sulit bernafas dan hal tersebut juga dialami oleh semua ras kucing yaitu ketika terkena radang paru-paru kucing akan mengalami gejala pilek, bersin, sesak nafas bahkan menyebabkan air mata keluar secara berlebihan. Secara logis, penyakit ini disebabkan oleh virus Chlamidia Psitacii dan bersifat menular sehingga apabila ada salah satu kucing kamu yang memiliki ciri ciri tersebut maka pisahkan antara satu dengan yang lain agar tidak tertular. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandang maupun lingkungan agar virus tersebut menjauh dari kucing peliharaan kamu.

6. Virus Herpes
Ya, Memang virus sangat berpengaruh terhadap kesehatan kucing dan lagi-lagi mata kucing berair disebabkan oleh virus. Ada banyak sekali jenis virus yang menyerang kucing dan apabila kucing telah terinfeksi maka akan muncul gejala mata bengkak, berair, dan bewarna kemerahan dan yang masuk pada pembahasan yaitu berair. Terkadang virus tersebut hanya menyerang satu mata saja sehingga sebagai pemilik wajib waspada dan tetap memperhatikan kesehatan sang kucing. Salah satu penyebab munculnya virus herpes ini adalah dari kondisi kucing yang setress dan apabila sudah terinfeksi maka kucing akan berusaha menghindar dari pencahayaan. Kondisi yang wajar adalah kucing mengeluarkan air mata namun jika terjadi berkeliling dan disertai beberapa gejala lain maka segeralah periksakan kucingku ke dokter hewan.

PERHATIAN : Itulah beberapa penyebab mata kucing berair dan bersin, bengkak menonjol. Perlu diwaspadai, apabila disebabkan oleh suatu penyakit terutama cacing mata maka baiknya periksakan langsung ke dokter hewan karena secara umum dapat mengakibatkan kucing tidak mau makan dan jika semakin berkelanjutan dapat mengancam nyawa kucing itu sendiri.

Cara mengatasi mata kucing Berair

1. Tempatkan kucing dikandang Terpisah
Hal ini bertujuan untuk menghindarkan kucing yang lain agar tidak tertular, selain itu apabila bulu kucing lainya rontok dan mengenai mata yang terinfeksi virus maka bukannya sembuh tapi makin parah. Untuk itu diperlukan kandang khusus bagi kucing yang terinfeksi agar tidak tekena rontokan bulu. Tentu kamu ingin dong peliharaan kamu pulih kembali ? Maka dari itu jangan tunda langkah ini demi kesehatan semua kucing peliharaan-mu.

2. Bersihkan kotoran pada mata Kucing
Langkah ini bisa dibilang tindakan pencegahan maupun pengobatan karena ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh apabila hal ini dilakukan. Seringkali kita melihat kucing mengeluarkan air dari mata, kadang disertai dengan nanah maupun belek. Nah agar mata kucing tetap sehat maka bersihkan Menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat sampai kotoran benar-benar terangkat. Secara langsung proses ini dapat membantu kucing untuk memperoleh pandangan yang jelas karena tidak ada kotoran yang menghalangi matanya. Tentu kalian ingin dong melihat kucing kamu bergerak bebas dengan pandangan yang jernih ?

3. Beri obat mata untuk kucing
Hal ini bisa dilakukan apabila mata kucing berwarna merah dan tidak dianjurkan untuk memberikan pada kucing dengan mata yang masih luka. Belilah obat tetes mata khusus untuk kucing di petshop dan jangan pernah mencoba memberikan obat tetes manusia karena bisa menimbulkan pembengkakan mata pada kucing.

4. Membawa kucing ke dokter hewan
Apabila mata sudah terinfeksi suatu virus dan Menurut anda cukup serius maka langkah yang tepat yaitu memeriksakan kucing ke dokter agar langsung memperoleh perawatan yang sempurna dan tepat. Hal ini tentu sangat disarankan karena dokter lebih tahu dengan keadaan sang kucing serta tindakan yang tepat untuk diberikan nantinya agar kucing bisa pulih kembali

Beberapa cara mengobati mata kucing berair diatas bisa anda pilih sesuai kebutuhan sang kucing. Silakan pilih cara yang tepat untuk mengobatinya dan berikan ketenangan untuk sang kucing selama masa penyembuhan dan pemulihan.

Obat tetes mata kucing berair di Apotik

Sebagian orang terkadang tidak bisa memeriksa kucing kesayanganya ke dokter dengan berbagai alasan dan salah satunya adalah karena ekonomi keuangan. Jangan panik ya, kalian tetap harus mengambil tindakan tepat demi kesembuhan sang kucing yaitu dengan cara membeli obat tetes mata kucing berair di Apotik terdekat atau bisa membuat ramuan sendiri supaya lebih alami. Nah jika tidak mau repot membuat ramuan sendiri maka pilihlah Obat Mata Kucing Trixin yang berguna untuk mengatasi Iritasi pada mata kucing termasuk belekan, dan hidung meler / flu.

Mata kucing berair Pastikan sebelum membeli obat tersebut anda memahami secara rinci fungsi dan cara penggunaannya. Trixin adalah salah satu obat obat tetes mata dan hidung kucing yang memiliki sifat efektif untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit mata pada kucing seperti mata berair, mata merah, infeksi mata, belekan bahkan bisa digunakan untuk mengobati hidung meler (Flu). Obat tersebut adalah brand otsuda yang baik diformulasikan untuk kucing kesangan kamu. Penggunaan-nya cukup mudah yaitu cukup mengikuti panduan yang tertera pada kemasan yakni teteskan obat tersebut kebagian mata berair sebanyak 2x dalam sehari dengan takaran 2 tetes.