Cara Memandikan Kucing Liar Galak Berontak dan takut Air
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memandikan Kucing Liar Galak Berontak dan takut Air

Topic [Show]

Memandikan kucing adalah salah satu jenis perawatan yang baik terutama untuk menjaga kebersihan sehingga kucing tidak mudah terserang penyakit. Fakta lain mengatakan, tindakan ini bisa memberikan hasil terbaik terutama pada bulu kucing itu sendiri yaitu akan terlihat bersih dan indah. Tentu caranya tidak mudah sehingga banyak yang mengeluh bahkan ada yang terkena cakaran akibat kucing berontak saat dimandikan. Berdasarkan kebiasaan nya, setiap hari kucing akan selalu membersihkan dirinya dengan cara menjilati bulu - bulu yang kotor, namun tetap saja cara tersebut kurang efektif bagi manusia dan tingkat kebersihan pun kurang cukup bagi sebagian orang.

Manfaat lain yang bisa diperoleh ketika kita memandikan kucing adalah, secara tidak langsung kita telah mengusir sejumlah bakteri dan jamur bahkan kutu yang menempel pada kucing dan dengan begitu kucing akan terbebas dari berbagai sumber penyakit. Perlu Kalian ketahui, cara memandikan kucing yang sebenarnya tidaklah sulit namun jika kucing tersebut belum terbiasa terkena air maka kemungkinan dia bisa berontak lalu mencakar diri kita, jadi untuk kalian yang masih memiliki kucing anakan ... Ajarilah kebiasaan ini mulai dari sekarang. Jika kucing anda belum pernah dimandikan maka bisa ikuti beberapa langkah yang bakal kami bagikan untuk anda secara gratis

Perlu diperhatikan bahwa cara memandikan kucing ini ditujukan kepada kucing yang sudah berumur lebih dari 3 bulan atau kucing dewasa dan jangan pernah melakukan hal ini kepada anak kucing yang baru lahir. Ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan ketika hendak memandikan kucing dan tentu hal ini bertujuan agar nantinya tidak kerepotan. Maka dari itu, taruhlah beberapa peralatan berikut :
  1. Ember ukuran sedang dan isi dengan air Hangat
  2. Sediakan sampo kucing secukupnya
  3. Bedak khusus untuk kucing (Jika menggunakan) atau bisa diganti dengan bedak bayi
  4. Handuk untuk mengeringkan bulu kucing atau jika tidak punya bisa menggunakan kanebo
  5. Cottonbuds untuk membersihkan telinga kucing

Cara memandikan kucing dengan benar

  1. Pilih waktu yang tepat, Menentukan waktu adalah hal paling utama dan terpenting agar kucing tidak brutal ketika dimandikan. Waktu yang tepat yaitu ketika kucing sedang dalam keadaan rileks dan dalam kondisi perut kenyang. Cara mewujudkan waktu tersebut yaitu, berilah makan ketika kucing akan dimandikan sampai dia kenyang lalu ketika merasa kenyang biasanya kucing menjadi rileks dan menurut kepada majikannya. Frekuensi waktu yang baik untuk memandikan kucing adalah 1 Minggu sekali, namun apabila dalam 4 hari atau sebelum jangka 1 Minggu kucing sudah terlihat kotor maka waktu tersebut adalah waktu yang tepat.
  2. Basahi Tubuh Kucing, Guyur seluruh tubuh kucing menggunakan air hangat yang sudah disiapkan sebelumnya sampai benar-benar basah. Perlu diperhatikan, berhati-hatilah ketika membasahi tubuh kucing terutama pada kepala, jangan sampai air masuk ke telinga kucing.
  3. Tuangkan shampo, Ambil shampo yang sudah disiapkan sebelumnya => buka lalu tuangkan keseluruhan tubuh kucing sampai merata. Lakukan secara perlahan agar tidak terkena mata, mulut dan hidung kucing. Ketika menuangkan shampo, Gunakan tangan kamu untuk mengusap shampo yang menetes ke bulu kucing supaya berbusa dan bulu menjadi bersih. Lakukan tahap ini secara cermat dan pastikan pula busa shampo meresap kebagian kulit serta akar bulu kucing agar mendapat hasil yang lebih bersih
  4. Bilas kucing dengan air bersih hangat, Jika sudah selesai membersihkan bagian tubuh kucing maka bilaslah Menggunakan air bersih hangat agar busa dan kotoran terangkat dari tubuhnya. Bilas sampai benar-benar bersih, jangan sampai ada busa yang tertinggal.
  5. Keringkan tubuh Kucing, Setelah kucing dimandikan, segeralah keringkan tubuh kucing supaya tidak kedinginan. Gunakan handuk yang sebelumnya sudah dipersiapkan dan lakukan secara berulang dengan cara mengosokan handuk ke tubuh kucing sampai bulu dan tubuh benar-benar kering. Cara lain yang bisa digunakan untuk mempercepat proses pengeringan ini adalah menggunakan Blower. Apakah boleh ? Ya, namun apabila kucing brutal itu tandanya dia tidak suka menggunakan alat pengering bulu kucing tersebut.
  6. Bersihkan Telinga Kucing, Membersihkan telinga juga dapat dilakukan setelah kucing dimandikan dan alat yang digunakan kali ini adalah Cottonbuds atau jika tidak punya bisa menggunakan alternatif lain yaitu kapas yang telah dibasahi dengan baby oil. Caranya hampir sama ketika kamu membersihkan telinga yaitu lakukan secara perlahan agar kucing tidak merasa kesakitan.
  7. Beri kasih sayang kepada Kucing, Setelah selesai memandikan kucing adalah memberi dirinya perasaan paling rileks dengan cara mengusap bulunya. Tentu cara ini bisa dilakukan supaya kucing tidak takut ketika dilain waktu akan dimandikan.


Langkah cara memandikan kucing diatas bisa diterapkan oleh siapa saja khususnya bagi mereka yang memelihara kucing dewasa dan belum pernah dimandikan sehingga ketika dimandikan kucing tidak akan brutal bahkan tidak mencakar majikannya.