Membuat Google Custom Search Engine dan mengaitkan nya dengan Adsense
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Membuat Google Custom Search Engine dan mengaitkan nya dengan Adsense

Topic [Show]

Google cse adalah sebuah mesin telusur khusus yang dapat kita gunakan untuk memudahkan visitor menemukan informasi baik itu di dalam blog sendiri maupun berasal dari blog luar yang telah kita custom kedalam panel telusur CSE Google.  Sekarang ini Google Adsense telah menyediakan layanan Custom Search Engine yang bisa Anda buat melalui CSE GOogle dengan mudah.

Bagaimana cara membuat mesin telusur khusus Google ( CSE Google )

1. Pertama buka http://cse.google.com/cse maka akan tampil pada Gambar dibawah ini


Silahkan klik "Buat mesin Telusur Khusus" seperti terlihat pada anak panah diatas ... Sebelum membuat CSE Google baiknya Anda sudah Log-in  Gmail terlebih dahulu.


2. Selanjutnya yaitu Anda berada dalam halaman CSE Google dan Silahkan isi Form data yang diperlukan untuk proses pembuatan mesin telusur khusus.


Untuk bidang Url seperti diatas, Silahkan isi dengan URL blog sobat menggunakan www atau non www, untuk bahasa Silahkan sesuaikan dengan bahasa blog Anda Masing - Masing dan jangan lupa beri nama mesin telusur Anda.

3. Klik BUAT apabila menurut Anda isi data seperti langkah 2 benar sehingga akan nampak seperti gambar dibawah ini.


Gambar diatas menandakan bahwa Anda telah memiliki mesin telusur khusus untuk di Pasang di blog Anda..  untuk pemasangan Silahkan klik dapatkan kode dan Copas JS tersebut untuk dipasang pada blog atau website Anda.

Itulah cara membuat Mesin telusur khusus yaitu form pencarian mirip seperti Search Engine Google yang nantinya bisa bermanfaat untuk memudahkan visitor menemukan informasi yang berada dalam blog Anda.

Selain untuk memudahkan pengunjung blog mencari informasi, CSE Google juga dapat meningkatkan Penghasilan Anda melalui Hasil pencarian CSE yang Anda kaitkan dengan Google Adsense... Seperti apa proses dan cara mendapatkan uang dari CSE Google Adsense....?


Baca Juga:



Sebelum Respontrik berikan panduan-nya, Singkat Cerita pengalaman Pribadi.
Sebenarnya CSE Google Adsense ini saya temukan beberapa bulan yang lalu Disalah satu website luar negeri yang menceritakan pendapatannya melalui progam PPC Google Adsense dimana dia mengaitkan CSE Google untuk menambah penghasilan-nya...

Penghasilan meningkatkan hingga 50% setelah mengaitkan mesin telusur khusus denagn GOogle adsense dan saya pun merasa penasaran dan mencoba membuat-nya alhasil karena pengunjung blog masih sepi 1 - 3 klin  rata rata per hari setelah memasang CSE Google kedalam Blog.

Belum lama Eh...., Akun ditanggungkan dengan alasan klik iklan sendiri dan Visitor tidak valid. Sampai sekarang. Disaat itu juga GA blog ini diterima GA.

Sistim kerja CSE Google Adsense yaitu sama halnya dengan GA pada umumnya hanya ada sedikit perbedaan yaitu CSE Google Adsense hanya berbentuk Text dan link sedangkan GA memiliki beragam jenis iklan.

Anda akan memperoleh penghasilan dari CSE Google Adsense Apabila :

1. Ada visitor yang menggunakan mesin telusur khusus Anda
2. Visitor melakukan tindakan klik iklan di hasil pencarian CSE Google Adsense

Contoh iklan CSE Google Adsense:



Besar penghasilan atau Nilai BPK dari klik valid yang dilakukan visitor menurut pengalaman pribadi yaitu 300 - 800 tiap klik valid. Dan besar kecilnya nilai BPK tergantung dari Advertiser Adwords sendiri jadi Anda bisa Custom canel iklan pada halaman pengaturan GA yaitu klik my Ads kemudian klik  Search maka anda akan diarahkan ke halaman iklan yang akan ditampilkan nantinya pada CSE Google Adsense.

Untuk membuat CSE Google Adsense sangatlah  mudah Anda bisa membuat-nya langsung pada Google Adsense yaitu:

1. Silahkan masuk ke Dasboard Google Adsense baik melalui Handpone atupun PC.

Silahkan klik "My Ads" dan lanjutkan ke Custom Search engine


2. Silahkan Klik " Mesin Penelusuran Khusus Baru seperti terlihat pada gambar dibawah yang berarti Anda akan memulai membuat CSE Google Adsense.



3. Anda memasuki halaman CSE Google Adsense dan Silahkan isi data yang di butuhkan seperti terlihat pada contoh dibawah ini.



4. Langkah terakhir yaitu Klik Simpan dan dapat Code, Silahkan Copy untuk dipasang pada blog anda.

Untuk pengaturan Tampil, Promosi, tata letak dll Anda bisa merubahnya melalui  kontrol panel CSE Google... Anda tidak bisa melakukan pengeditan lainnya Terkait CSE Google Adsense, maka dari itu saya juga menyediakan cara membuat CSE Google Adsense terbaru agar anda bisa melakukan pengeditan tampilan dan lainnya yang bisa Anda simak pada Step dibawah ini.

Cara membuat CSE Google Adsense melalui halaman CSE Google agar bisa melakukan pengeditan CSE GA

1. Kembali pada tahap awal yaitu "Cara membuat mesin telusur khusus CSE Google"
2. Silakan Kaitkan Google Adsense Anda dengan Mesin telusur khusus seperti terlihat pada gambar dan Refresh halaman sampai benar-benar Aktif.


Jika Anda membuka pengaturan dari Dasboard Google Adsense Silahkan perhatikan gambar berikut


Silahkan Klik "kaitkan" untuk menghubungkan CSE Google Adsense dengan Mesin telusur khusus Anda .

3. Tampilan Pengaitan CSE Google Adsense Telah Aktif apabila:
a. No pub Akan Tampil pada halaman pengaturan
b. Tombol Juga aktif
Jangan lupa untuk menguji mesin telusur khusus GA Anda pada halaman pengaturan.

Segalanya macam jenis bentuk pengaturan hanya bisa dilakukan pada Halaman CSE Google langsung dan Silahkan Anda Copy Script nya untuk anda pasang pada Blog Anda, CSE Google akan Bekerja setelah dipasang pada  blog dan menunggu hingga 3 - 5 menit baru CSE Google akan aktif seperti terlihat pada gambar:



Perhatikan form pencarian Pada Gambar, Itu adalah Form Pencarian mesin telusur khusus Google Adsense yang saya pasang pada bagian singgle Post dan disitu tertulis "Respontrik" dan Untuk uji coba setelah klik Cari maka akan tampil seperti Pada gambar berikut:



Admin: Apakah ada  yang aneh pada CSE Google Adsense diatas...?
Jawab:  Ya....!! "Iklan Adsense tidak ada"
Admin: Benar...

Bukannya iklan tidak nampak akan tetapi iklan Google Adsense belum muncul, untuk menampilkan iklan anda bisa pergi ke Dasboard Adsense dan klik CSE dan pilih iklan yang akan anda tampilkan atau Anda bisa menunggu iklan tersebut aktif secara otomatis...

Perlu Banda ketahui, jika pertamakali Anda memasang CSE Google Adsense pada blog dan melakukan Uji coba CSE Anda, jangan sekali-kali melakukan klik appun pada hasil penelusuran karena hal tersebut diluar aturan kebijakan CSE Google Adsense. Anda hanya diperbolehkan mengklik hasil penelusuran setelah ada visitor pertama yang menggunakan CSE Anda .


Bagaimana cara memasang CSE Google Adsense...??

Setelah anda mendapatkan Script Js CSE Google Adsense Anda bisa langsung memasang nya pada bagian bawah <body> atau <div> pada template, selain itu anda juga bisa memasang nya langsung melalui Pengaturan tata letak ( Jika menggunakan Blogger ) dan tambahkan HTML/Java Script dan pastikan Code tersebut.

Pertama kali anda memasang CSE Google Adsense,, kemungkinan belum bisa digunakan untuk menampilkan hasil penelusuran karena membutuhkan waktu sejenak untuk mengkonfigurasi dengan halaman blog Anda

Baca Juga:


Dan terkadang form CSE Google Adsense tidak nampak, hal ini bisa Anda ubah pengaturan tata letak pada halam Pengaturan CSE Google dan sesuaikan Tata letak CSE Anda dengan template yang anda pakai.
Untuk uji coba Anda bisa melakukan pencarian Pada blog ini.

Terimakasih telah membaca Cara membuat CSE Google Adsense dan Mesin telusur khusus Google. Mudah mudahan bisa bermanfaat..
Selamat Mencoba.