Cara mengatasi Halaman di Kecualikan pada Blogger
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara mengatasi Halaman di Kecualikan pada Blogger

Topic [Show]

Cara mengatasi Halaman di Kecualikan pada Blogger - Pernahkan kalian dikagetkan dengan adanya metrix pada Google Search Console ? Mari kita bahasa sejenak mulai dari cara penanganan, Pengaruhnya terhadap blog kita dan penyebabnya. Sebuah blog pasti memiliki struktur permalink yang berbeda beda.

Contoh ....
Permalink antara Hasil pencarian dengan permalink label blogger tentu berbeda. Coba perhatikan permalink label dibawah ini:

https://respontrik.blogspot.com/search/label/Resep%20Masakan?m=1?&max-results=8

Yang berwarna merah adalah permalink dan biasanya tanpa anda melakukan submit pun akan di index oleh mesin pencari seperti google. Yang harus kalian tahu adalah fitur blogger tidak mengijinkan permalink tersebut di index oleh Google sehingga apabila sudah terlanjur di Index maka menyebabkan terjadinya pengecualian halaman di mesin pencari serta Google search console Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini ....

Cara mengatasi Halaman di Kecualikan pada Blogger
Selain disebabkan oleh permalink seperti diatas, pengecualian sebuah halaman juga disebabkan karena adanya artikel yang mirip dimata mesin pencari baik didalam blog kalian atau persamaan dengan blog lain. Google kini tidak menampilkan Artikel yang mirip / hampir sama dengan artikel yang sebelumnya sudah diterbitkan oleh para blogger sebelum kita. Kerugiannya apa, jika disebabkan oleh permalink, maka itu tidak berpengaruh dengan blog kalian terutama pada trafik namun apabila disebabkan oleh artikel maka sangat disayangkan karena tarfik dari artikel tersebut tidak ada dan bahkan artikel anda tidak akan ditayangkan di mesin pencari walaupun sudah di Index.

Cara mengatasi Halaman di Kecualikan pada Blogger

1. Apabila disebabkan oleh permalink - Maka anda bisa melakukan pengaturan robot.txt yaitu dengan mengijinkan permalink tersebut di index atau tidak di index (Allow / Disallow)

2. Apabila disebabkan oleh Artikel duplikat - maka anda bisa merubah seluruh bahasa yang ada dalam artikel tersebut. Tidak hanya itu, anda juga perlu merubah struktur Heading, bold maupun italic agar Artikel yang dikecualikan tersebut terlihat berbeda dan unik dari artikel pesaing Kamu. Bagaimana ... Sudah paham.



Saya sendiri pernah mengalami kalau artikel saya di Kecualikan dan untuk nya hanya karena permalink bukan karena duplikat content jadi itu tidak berpengaruh sama trafik blog saya. Jadi kesimpulannya adalah apabila dikarenakan permalink maka anda bisa membiarkan-nyà karena tidak berpengaruh dan apabila disebabkan oleh Artikel anda maka wajib hukumnya untuk melakukan pembaruan ulang secara menyeluruh.