Cara Membuat Website Gratis sampai Online dan Menghasilkan Uang
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Website Gratis sampai Online dan Menghasilkan Uang

Topic [Show]

Cara Membuat website - Pada era modern saat ini, tentu banyak masyarakat yang mencari informasi melalui internet dengan melakukan browsing dan berharap sesuatu yang mereka cari segera ditemukan. Beberapa hasil pencarian Google menampilkan sejumlah informasi. Misalkan anda mencari informasi tentang cara membuat website Gratis, maka anda akan menemukan berbagai website yang mengulas tutorial tersebut dan salah satunya adalah blog sederhana Respontrik ini yang juga menyediakan informasi lengkap cara membuat website baik Gratis maupun berbayar sampai bisa menghasilkan pundi pundi uang. Namun yang perlu anda perhatikan, ada hal-hal penting yang harus kalian ketahui sebelum memulai praktek tersebut.  Untung saja mulai dari persiapan membuat website, Praktek membuat website, cara setting SEO, cara membuat website online hingga menghasilkan banyak uang tersebut sudah Respontrik ulas semuanya dalam satu halaman ini. Untuk itu marilah simak beberapa Bab per Bab kali ini.

Cara membuat website Gratis untuk pemula mulai dari website blog, toko online, landing page, website pasang iklan gratis dll

 BAB 1. Persiapan membuat Website 

Sebelum mulai praktek membuat website, anda wajib tahu akan pentingnya memahami rangkaian persiapan membuat website agar mampu mendapat Sorotan banyak dari Pengguna dan dengan begitu website yang dibuat akan lebih menghasilkan atau dengan kata lain website yang sukses terlebih lagi website anda nantinya bisa menjadi salah satu idola tersendiri dari Pengguna.

Persiapan sebelum membuat website yaitu:

  • Menentukan Nice Website
  • Memilih jenis platform yang Tepat 
  • Menentukan Market website 
  • Membeli Domain atau menggunakan Subdomain ( Gratis )


Kalian harus tahu akan pentingnya persiapan diatas sebelum memulai praktek membuat website. Respontrik akan menjabarkan satu persatu tentang daftar persiapan diatas agar anda mampu memahaminya secara jelas dan mampu praktek sendiri dirumah.

A. Menentukan Nice Website

Nice adalah suatu daftar isi content pada sebuah website atau blog yang ditentukan oleh master blogger sebagai pondasi utama yang nantinya disajikan kepada jutaan pembaca Didunia. Kata lain dari nice sendiri adalah Tema. Anda bisa memilih jenis nice terlebih dahulu agar proses pembuatan website nantinya bisa disesuaikan dengan Domain anda. Ada ribuan nice yang bisa anda pilih untuk mengisi website / Blog Anda Nantinya yaitu mulai dari Nice : Perbankan, Pendidikan, Kesehatan, Sport, Travel and Tour, Motivasi, Wisata, Berita, Jasa bahkan hingga website Jual beli seperti OLX atau anda lebih menyukai jenis website Forum diskusi seperti Kaskus, ada juga website Jejaring sosial. Silahkan anda pilih sesuai hobi anda masing - Masing dan tentunya anda harus mampu menyajikan content dari nice yang anda pilih agar pembaca betah mengunjungi website / Blog Anda dan bahkan menjadi pelanggan setia.

Untuk Kategory Website jenis Blog, banyak blogger cenderung memilih nice Gado Gado ( Campuran ) yakni dengan alasan mereka tidak akan pernah kehabisan ID pembuatan Content Nantinya. Selain itu, website jenis kategory blog juga biasanya digunakan untuk mencari uang dengan cara menjadi publiser baik di Google atau di layanan periklanan lainya. Lantas nice apa yang bakal anda pilih untuk membuat website nantinya... Silahkan tentukan dari Sekarang.

B. Memilih jenis platform yang Tepat

Tidak ada website yang dibuat tanpa melibatkan platform. Jadi arti platform sendiri layanan yang akan anda pakai untuk membuat websitenya. Istilah platform dalam dunia blogging sendiri adalah hosting atau dalam kata umumnya wadah content yang akan dibuat nantinya. Hosting sendiri ibarat rumah. Disini anda harus pandai pandai memilih jenis platform yang akan digunakan. Kenapa? Tidak semua platform blogging memilki kualitas yang baik... Banyak kasus website tidak bisa dibuka. Hal tersebut disebabkan oleh platform website yang down atau juga bisa disebabkan oleh server website yang down. Untuk itu, pilihlah salah satu platform hosting yang berkualitas. Ada banyak sekali yang bisa anda gunakan untuk membuat website mulai dari yang Gratis atau bahkan berbayar berikut adalah daftar Platform hosting Gratis dan Berbayar

1. Layanan penyedia webHosting Gratis
  • Blogspot [ http://blogger.com ]
  • Wordpress [ http://wordpress.com ]
  • Infinityfree [ http://infinityfree.net ]
  • Awardspace [ http://awardspace.com ]
  • Host Rocket [ http ://www.hostrocket.com/freewebhosting.htm ] 
  • dan masih ada banyak lagi layanan penyedia hosting Gratis 

2. Hosting Berbayar / Premium
  • Hostinger [ http://hostinger.com ]
  • Exabytes [ http://exabytes.co.id ]
  • NiagaHister [ http://niagahoster.co.id ]
  • RumahWeb [ https://www.rumahweb.com ]
  • Jagoan Hosting [ https://www.jagoanhosting.com ]
  • dan masih ada banyak lagi layanan penyedia hosting premium harga Murah


Jika untuk belajar membuat website atau blog, Respontrik sarankan untuk menggunakan hosting Gratis. Anda bisa memilih salah satu hosting gratis diatas, namun apabila anda lebih memilih menggunakan hosting berbayar, maka silahkan anda pilih salah satunya atau bisa mengunakan hosting kesanyangan anda. Yang terpenting dalam memilih platform hosting adalah harus menyesuaikan dengan kebutuhan website atau blog yang anda bangun. Apabila anda membuat blog dengan tujuan informasi dan mengisinya dengan Content atau untuk keperluan toko online, maka anda harus memilih jenis hosting dengan kapasitas bathwind yang besar. Untuk cara Memilih hosting yang benar dan sesuai anda bisa mencari caranya dihalaman sebelumnya dimana telah Respontrik ulas pada Kategory tutorial Blogging.

C. Menentukan Market website 

Market disini Artinya target Pemasaran Content website... Kepada siapa website anda akan disajikan, apakah untuk mereka yang masih dalam posisi mahasiswa, masyarakat umum, pembisnis, atau untuk anak anak. Silahkan anda tentukan... Tujuan menentukan target pasar sendiri adalah agar content yang akan dibuat nantinya sesuai dengan kriteria audientce anda. Mulai dari Nice, Ejaan Suku kata serta pengolahan tata bahasa bisa disesuaikan berdasarkan target audientce. Dengan begitu, para pembaca akan lebih mudah memahami isi dari content content yang anda sajikan. Saran!!! Pilihlah target sesuai kemampuan Anda.

D. Membeli Domain atau menggunakan Subdomain ( Gratis )

Domain adalah bagian utama yang nantinya bisa Anda tampilan dan umumkan kepada pembaca bahwa kini anda telah memilki website. Domain sendiri adalah suatu alamat website yang berisi server atau domain ibarat Jalan menuju ke content yang anda buat yang biasa dikenal dengan sebutan alamat website. Contoh domain adalah Facebook.com, Google.com dll. Anda banyak sekali penyedia layanan domain baik yang Gratis maupun yang berbayar. Namun untuk jenis domain, sangat mudah didapat dan biasnya langsung disediakan oleh penyedia hosting baik Gratis maupun berbayar. Untuk pemula... Saya sarankan menggunakan domain gratisan agar tidak mengeluarkan biaya .. anda bisa memakai domain dari Blogspot atau dari wordpress dan pastinya anda juga harus memakai hosting yang disediakan dilayanan tersebut tersebut.

 BAB 2. Praktek Cara Membuat Website / Blog Gratis di Internet dan mudah Untuk Pemula 

A. Cara Membuat Website / Blog dari Blogger

Blogger merupakan platform blogging yang memiliki banyak pengguna terbesar. Platform blog tersebut didirikan oleh Google, anda bisa memanfaatkan platform tersebut untuk membuat blog pribadi, Blog toko online atau jenis blog Company profil dan masih banyak lagi. Kali ini Respontrik hanya akan memberikan Contoh membuat Blog Untuk tutorial atau untuk menampung Content baik pribadi maupun umum. Berikut adalah cara membuat blog gratis dari Blogger yang bisa anda praktekkan.


Langkah langkah:
[1].  Dalam praktek kali ini, Kami anggap anda sudah memiliki email dari Google yaitu Gmail. Untuk memulai proses pembuatan blog dari Blogger silahkan buka Halaman www.blogger.com -, Ketika Anda baru pertama kami mengakses halaman Bloger, maka akan Muncul halaman pembuatan Profil seperti gambar dibawah ini.

cara membuat blogger atau blogspot

Anda bisa membuat nama profil atau mengalihkannya ke Profil Google+ atau juga langsung melewatinya dan menuju ke halaman utama blogger.


[2].  Kali ini saya lebih memilih membuat nama profil. Nama yang kami pilih adakah "Praktek" .. dan melanjutkannya dengan menekan tombol "Lanjut ke Blogger" sehingga akan terbuka halaman  seperti terlihat pada Gambar berikut

cara membuat blogger atau blogspot

Halaman ini masih kosong yang berarti anda belum memiliki blog satupun. Untuk memulai pembuatnya.   Silahkan tekan Tombol button "Buat Blog baru"


[3].  Silahkan masukkan Judul blog yang nantinya bisa dijadikan nama Blog...  Berikut adalah Gambar cara membuat blog di blogger

cara membuat blogger atau blogspot

Dari gambar diatas, kami memilih judul "Praktek" dan membuat blog dengan alamat praktek9.blogspot.com, Jangan lupa untuk memilih Template (Tampilan Blog). Pilih sesuai keinginan.... Setelah semuanya terisi.. Silahkan Klik Buat Blog


[4].  Dalam hal tersebut. anda akan memperoleh dialog dari google yang  menawarkan custom domain. Karena ini sebagai pembelajaran..  maka pilihan "Lain Kali"
cara membuat blogger atau blogspot

Jika anda sudah bisa mengelola blog, anda bisa mengkustomisasi domainnya dan selamat blog anda sudah berhasil dibuat..


[5].  Untuk Melihat hasil blog yang dibuat diblogger terbut. Anda bisa menekan Menu "Lihat Blog" yang Terletak di pojok kiri atas ... Berikut adalah Kilasan Gambarnya.

cara membuat blogger atau blogspot

Perlu anda ketahui... Untuk membuat blog atau platform Blogger diatas tidaklah berbayar... Anda bisa membuat lebih dari satu blog untuk satu akun dan semua itu bisa anda buat secara Gratis (Muliti Blog).  Memang untuk fitur blogger sendiri kurang memuaskan. Untuk cara membuat blog yang memiliki tampilan dinamis.. kami sarankan untuk membuat blog/website dari Wordpress yang bisa anda pelajari dihalaman selanjutnya.

B. Cara membuat Blog dari Wordpress.com

Ada dua jenis platform wordpress yang bisa kita gunakan untuk membuat blog maupun website. Yang pertama adalah wordpress.com yang memang dikhususkan untuk pemula yang ingin belajar membuat dan mengelola blog dari platform wordpress... Yang kedua adalah wordpress selft hosting yang memiliki fitur lebih lengkap dan ini biasa digunakan oleh webmaster untuk membuat website seperti toko online atau website bisnis besar lainya. Tidak semua wordpress selft hosting berbayar..  kita bisa menggunakan pihak ke dua untuk meng-install wordpress ke dalam hosting. Nanti akan saya jelaskan di bab selanjutnya. Untuk kali ini, kami akan membahas cara membuat blog gratis dengan wordpress.com yang mana bisa anda gunakan untuk proses pembelajaran.


Langkah langkah membuat web / Blog dari wordpress.com:


membuat website di wordpress gratis cara membuat blog di wordpress bagi pemula cara membuat wordpress gratis 2018 cara mengelola wordpress bagi pemula membuat website dengan wordpress pdf cara membuat blog di wordpres cara membuat akun wordpress situs wordpress indonesia
[1]  Buka halaman wordpress dengan mengakses url https://id.wordpress.com -, dan Klik Button "Buat situs Web" Untuk memperjelasnya.. silahkan lihat Gambar diatas. Silahkan klik tulisan yang di tandai dengan anak Panah Gambar 1 diatas.


membuat website di wordpress gratis cara membuat blog di wordpress bagi pemula cara membuat wordpress gratis 2018 cara mengelola wordpress bagi pemula membuat website dengan wordpress pdf cara membuat blog di wordpres cara membuat akun wordpress situs wordpress indonesia
[2]  Langkah ke dua yaitu memasukkan nama domain atau disebut juga nama alamat yang nantinya bisa diakses oleh seluruh pengguna internet. Nampak pada Gambar kedua diatas tertulis "belajar" yang artinya Respontrik mencotohkan nama website terbut dengan belajar. Dan coba perhatikan bilah kanan.. terlihat simbol Ceklist yang artinya nama atau alamat tersebut belum digunakan oleh orang lain. Silahkan anda sesuaikan nama anda sendiri. Alamat situs dalam contoh kali ini nantinya bisa diakses dengan url https://belajar.wordpress.com -, Silahkan anda sesuaikan sendiri.


membuat website di wordpress gratis cara membuat blog di wordpress bagi pemula cara membuat wordpress gratis 2018 cara mengelola wordpress bagi pemula membuat website dengan wordpress pdf cara membuat blog di wordpres cara membuat akun wordpress situs wordpress indonesia
[3]   Langkah ke tiga dalam proses pembuatan website gratis yaitu mengisi formulir registrasi akun wordpress sekaligus pembuatan website ... Untuk No 1 biasanya akan terisi otomatis sedangkan untuk no dua silahkan anda isi dengan alamat email yang anda miliki. Boleh menggunakan Gmail ataupun email dari Yahoo. Untuk no 3, Silahkan isi dengan nama blog yang anda sukai. Bagian ini akan menjadi sebuah title atau judul blog dan untuk form terakhir, silahkan isi dengan kata sandi (Password) yang nantinya digunakan untuk proses login yakni mengelola website Anda.


membuat website di wordpress gratis cara membuat blog di wordpress bagi pemula cara membuat wordpress gratis 2018 cara mengelola wordpress bagi pemula membuat website dengan wordpress pdf cara membuat blog di wordpres cara membuat akun wordpress situs wordpress indonesia
[4]  Coba Perhatikan Gambar Diatas.. terlihat beberapa alamat website yang sama dengan yang saya tulis... Yaitu "belajar" hanya saja dibagian belakang yang berbeda extension .. halaman tersebut merupakan halaman Kustom domain yang merekeomendasikan kepada membernya untuk mengganti Subdomain wordpress.com ke TLD domain yaitu .com, .me atau yang lainya. Tentu ini tidak gratis... Apabila anda ingin melewatinya, silahkan Klik Button pojok Kanan bawah. Perhatikan tanda panah diatas yaitu Klik "Tidak Terima Kasih". Namun apabila anda ingin langsung menggantinya, anda bisa pilih salah satu domain tersebut dan membayarnya sesuai harga yang ditawarkan.


membuat website di wordpress gratis cara membuat blog di wordpress bagi pemula cara membuat wordpress gratis 2018 cara mengelola wordpress bagi pemula membuat website dengan wordpress pdf cara membuat blog di wordpres cara membuat akun wordpress situs wordpress indonesia
[5]  Setelah langkah Kustom domain diatas dilewati, maka anda akan melihat halaman serupa dengan gambar Nomor Lima diatas. Halaman tersebut menyarankan kepada pengguna untuk memilih design tema untuk mempercantik tampilan website wordpress yang telah dibuatnya.. dalam gambar diatas ... Respontrik memilih tema pertama. Silahkan anda pilih sesuai keinginan dan mampu untuk mempercantik tampilan website anda.


membuat website di wordpress gratis cara membuat blog di wordpress bagi pemula cara membuat wordpress gratis 2018 cara mengelola wordpress bagi pemula membuat website dengan wordpress pdf cara membuat blog di wordpres cara membuat akun wordpress situs wordpress indonesia
[6]  Langkah selanjutnya yaitu penyelesaian, Terdapat dua pilihan paket seperti pada gambar diatas yaitu paket pertama berbayar dan paket yang kedua Gratis. Silahkan anda Klik Button "Pilih Gratis" yaitu paket yang pertama. Dalam langkah ini anda sudah berhasil membuat website secara gratis di wordpress. Untuk langkah selanjutnya yaitu Anda tinggal mengelola website tersebut. Untuk melihat website yang sudah dibuat. Silahkan kunjungi alamat website yang anda buat tersebut.


Untuk mengelola website wordpress yang anda buat tadi, anda bisa langsung ke halaman dashbord ... Disana anda bisa membuat halaman baru, menerbitkan artikel, mengatur meta deskripsi dan pengaturan lainya, upload gambar dan lain sebagainya. Apabila anda kurang jelas... Anda bisa mencari menu bantuan di wordpress. Selamat mencoba.

C. Cara Membuat Website Toko online

Masih dalam proses

D. Cara Membuat Website pasang iklan Gratis 

Masih dalam proses

E. Cara Membuat Website Company Profil

Masih dalam proses

 BAB 3. Cara membuat website online 

Setelah Anda Membangun sebuah website dan mengisi beberapa Content, maka saatnya untuk membuat website anda Online... Apa tujuannya...  Alasan membuat website online yaitu agar Pembaca dapat menemukan website yang telah dibuat melalui pencarian Google atau mesin pencari lainya. Caranya sangat Mudah... Anda bisa mengverifikasinya langsung di Webmasters Search Console dan menunggu beberapa menit, maka website anda akan langsung diindex oleh mesin pencari atau dalam arti menampilkan website ke Google melalui search Console.... [ Baca Cara submit Artikel dan Website ke Google agar cepat Terindex  ]  kini anda bisa memperoleh pengunjung dari segala penjuru wilayah sesuai target dan nice yang anda buat. Apakah pengunjung blog yang baru dibuat akan langsung meningkat? Tidak!!! Anda harus menerapkan Teknik SEO ( Search Engine Optimize ) Terlebih dahulu.  [ Baca Rahasia Cara Menulis Artikel SEO pada Blog Inewpedia ] dengan anda menerapkan SEO, saya yakin pasti pengunjung anda akan terus Meningkat.


 BAB 4. Cara Mempromosikan Website 

Anda dapat mempromosikan website yang sudah online terbut kepada semua teman... Ya benar, Namun ketahuilah... Hal tersebut kurang efektif.. misalkan anda memilki 200 teman maka  yang akan membuka website anda hanya 200 orang saja dan itupun kalau mereka semua mau mengunjunginya.. bagaimana jika mereka tidak mau berkunjung ke website yang anda buat? Maka sudah dipastikan pengunjung akan tepat kosong. Untuk itu, anda wajib tahu cara tepat mempromosikan website anda. Apa tujuannya? Hal tersebut bisa dilakukan untuk untuk menunjang kesuksesan sebuah website dan pastinya dengan Trafik yang semakin tinggi. Bagaimana Caranya? Simak ulasan berikut ini.

Cara Mempromosikan Website :
  • Share ke Sosial media seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest dll
  • Daftarkan website atau Blog ke layanan sosial Borkmarking 
  • Gunakan Facebook ads sebagai alternatif promosi website yang tepat
  • Beriklan di Google AdWords untuk menjaring pengunjung diseluruh dunia
  • Lakukan blogwalking dan berikan komentar sesuai topik yang dibahas
  • dan masih ada banyak lagi cara yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan website 



 BAB 5. Cara membuat website yang menghasilkan uang 

Siapa saja dapat memonetisasi website agar dapat menghasilkan uang, Namun anda harus menentukan dahulu caranya.. apakah melalui perantaraan publiser, Melalui keuntungan atau bahkan melalui afiliasi. Umumnya ada tidak website yang mampu menghasilkan uang hingga ratusan juta tiap bulan dan itu bisa ditemukan dinegara kita sendiri. Lantas bagaimana caranya?

Kriteria Website yang bisa Menghasilkan Uang

  • Pertama adalah Jenis website Bisnis. Website bisnis memang sengaja dibuat untuk keperluan bisnis seperti halnya website toko online ( Online Shop ) yang memasarkan suatu produk baik dalam bentuk jasa maupun barang. Contoh website tersebut adalah Blibli.com yang memasarkan produk produk barang serta Fokus untuk memberi peluang kepada para seller untuk membuka lapak jual. Website tersebut dapat ditemukan dan bahkan bisa dinikmati oleh jutaan pengunjung setiap harinya dan membeli produk di website tersebut baik produk dari Blibli sendiri atau produk dari dari seller luar.
  • Kedua adalah jenis Website Niche. Website nice sendiri berfokus pada satu pembahasan dan selalu konsisten untuk menciptakan artikel yang sesuai dengan topik website itu sendiri. Salah satu contoh website Niche sendiri adalah bisa dilihat pada website jenis blog Respontrik ini yang selalu menyajikan topik menarik setiap harinya. Ada Niche perbankan, kredit pinjaman, wisata, hiburan dan lainya. Blog ini terhubung ke layanan periklanan Google Adsense yaitu suatu layanan periklanan PPC yang digunakan untuk mendapatkan penghasilan. Bagaiamana caranya.. Agar website bisa menghasilkan uang dari Google Adsense Anda bisa [ Baca Cara daftar Google Adsense dan Mulai menghasilkan Uang ] Selain dari Periklanan, Respontrik juga Membuka jasa Review Perusahaan untuk sebagai sumber penghasilan tambahan dari Internet 
  • Ketiga Website Pribadi yaitu, website yang bisanya merivew suatu produk sekaligus menawarkan jasa agar bisa menghasilkan uang dari Internet. Salah satu contoh website pribadi bisa anda lihat pada situs Cermati.com yang mereview produk kredit pinjaman sekaligus Menawarkan produknya sendiri. 


Cara yang paling mudah untuk menghasilkan uang dari website adalah dengan cara Mengikuti program periklanan dan menjadi Publisher. Umumnya jutaan blogger meraih uang dari blognya atau websitenya melalui Program Perikanan Google Adsense, Bitvertiser, adsterra, Popcash dan jenis periklanan lainya... Silahkan anda pilih sendiri kriteria yang cocok dengan website yang dibuat sebelumnya.


 Bantuan? 

1. Apa yang dimaksud dengan Situs Web?
Jawaban! situs web dalam bahasa Inggris berarti website adalah kumpulan halaman yang saling terhubung / berhubungan satu sama lain dengan beragam isi content informasi yang sengaja dibuat oleh perorangan atau organisasi hingga perusahaan. Halaman yang saling berhubungan tersebut disebut dengan Link

2. Bagaiamana cara membuat website gratis lewat hp
Jawaban! Anda bisa mengikuti beberapa cara membuat website diatas. Cara tersebut semuanya bisa dikerjakan hanya dengan menggunakan Hp asalkan RAM serta kapasitas Memory Hp memenuhi yakni Minimal RAM 2 GB dan Minimal penyimpanan 5GB