13+ Cara Optimasi SEO website & Artikel agar masuk halaman satu Google
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

13+ Cara Optimasi SEO website & Artikel agar masuk halaman satu Google

Topic [Show]

Kiat Optimasi SEO website / Blog agar masuk halaman satu di Hasil pencarian Google - Jika kalian Memiliki suatu blog atau website baik toko online maupun web blog apa saja.. jangan lupa untuk mengelolanya agar Semakin Ramah dengan mesin telusur raksasa seperti Google. Hal tersebut bertujuan agar Blog atau website yang telah dibuat sebelumnya masuk pada halaman pertama atau bahkan urutan pertama dalam index pencarian Google. Teknik tersebut dinamakan dengan Istilah SEO yang berarti Search Engine Optimisation. Anda harus mampu mengelola website / Blog Anda agar mendapat peringkat Terbaik dalam hasil pencarian Google dengan teknik terbut. Selain itu, hal tersebut juga bertujuan agar website / blog yang telah dibuat sebelumnya terhindari dari larangan Google yang akan berakibat penghapusan web dari database Google.


Langkah yang harus anda ambil yaitu menggunakan webmaster tools Google yaitu Alat bantu bagi para pengelola website atau blog untuk memonitor sekaligus melakukan pengoptimalan (optimasi) agar blog semakin ramah diahsil pencarian Google. Webmaster tools sendiri merupakan salah satu senjata  yang cukup ampuh untuk mengimplementasikan teknik-teknik Search Engine Opimization atau yang dalam arti singkatnya SEO, dengan Menggunakan weasters tools kita bisa mendapatkan informasi tentang trafik website dari setiap kata kunci atau keywords yang dimasukkan oleh pengunjung secara Terpisah.

Panduan cara optimasi SEO On Page yang lebih lengkap dan up-to-date untuk meningkatkan performa trafik dan masuk halaman satu di hasil penelusuran Google (Optimasi Website Untuk Mesin Pencari)
Optimalkan Website / Blog Anda Sekarang 

Google websmaters tools ini juga dapat memberikan informasi tentang kinerja website sesuai dengan kuery pencarian Google. Google websmaters pun tidak hanya memberikan informasi kata kunci pencarian yang berasal dari Google saja, akan tetapi dari mesin pencarian lainnya seperti Yahoo, Bing, Baidu dll pun akan ditekan ke database webmasters. Paling tidak ada tiga Fungsi utama yang bisa anda  gunakan untuk mengoptimalkan blog atau website anda yaitu:

  • Mendaftarkan URL Website ke Search Engine yang bersangkutan ( Url Submit)
  • Melakukan Submit Sitemap dan
  • Memantau performa Website atau blog di search engine dalam Peng-index-an atau CrawlingGoogle.


Bagiamana Caranya ... Anda bisa melanjutkan ke langkah langkah optimasi website agar semakin ramah dengan mesin pencarian Google dibawah Ini.

BAB-1. Panduan Mendaftar ke Google Webmasters

  • Buka Google Webmasters dengan URL http://www.google.com/webmasters
  • Silahkan Login menggunakan alamat email Google anda 
  • Setalah masuk ke Account Google Webmasters dan Klik Menu Add Site yang berada disebelah kanan atas halaman Google Webmasters 
  • Setelah memasukkan alamat website / Mendaftarkan website ke Google, maka akan ada verifikasi kode Google yang harus dimasukkan kedalam website. Beberapa pilihan kode verifikasi tersebut diantaranya adalah dengan membuat meta tag yang harus dimasukkan ke dalam head website.. jika anda menggunakan Blogger, maka bisa langsung buka menua pengaturan mesin telusur namun jika anda menggunakan website Cpanel, maka bisa langsung meng-upload file verifikasi dari Google ke direktori Root yakni public_html website atau jika anda Wp self Hosting bisa langsung Install Plugin Yoa SEO. Alternatif lain tanpa install plugin: Buka Wp-admin, masuk ke menu pengaturan tema, buka dalam mode editor dan pilih file header.php, masukkan Kode Verifikasi mode tag HTML diatara kode <head>

Untuk memperjelas Pemahaman ...? Silahkan mulai melakukan eksplorasi Google Webmasters Tools. Hal ini dapat dilakukan setelan mendaftarkan website / Blog ke Google, kita maisih harus melakukan verifikasi terlebih dahulu. Proses verifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda benar benar mengelola  website tersebut. Ada beberapa langkah verifikasi website ke Google dan salah satunya sudah Respontrik jelaskan diatas. Namun jika dengan menggunakan hal tersebut verifikasi Gagal yang sebabkan oleh faktor apapun. Angka bisa menggunakan cara yang kedua yaitu verifikasi website / Blog dengan dengan cara mengupload File HTML ke server "Add a DNS record" dan berikut Proses caranya.

Cara Verifikasi Website dengan Upload DNS Record/HTML File Upload :

  • Unduh berkas Verifikasi HTML yang ada pada Menu verifikasi 
  • Unggah berkas tersebut ke domain anda 
  • Lakukan konfirmasi Pengunggahan dengan cara mengunjungi link yang diberikan oleh Google Webmasters dan
  • Klik Verifikasi, Agar Website maupun Blog anda tetap terdaftar di google, jangan sesekali menghapus berkas HTML yang telah terunggah.


Apabila langkah Verifikasi selelesai, maka anda bisa langsung meningkatkan performa website di hasil pencarian Google dengan bantuan alat websmaters yang dikombinasikan dengan teknik SEO. Pada layanan webmasters Google Anda bisa melakukan monitoring performa artikel mulai dari Posisi / peringkat dihasil pencarian, sampai keyword yang ditulis oleh audientce. Semua data tersebut bisa anda gunakan untuk meningkatkan performa website anda. Tentu pengoptimalan juga harus disertai dengan unsur SEO Yang mana bisa anda baca pada Halaman ini bagian BAB 2. Next to Post ....


BAB-2. Panduan Search Engine Opimization (SEO)

Setelah website maupun Blog anda berhasil didaftarkan ke Google webmaster tools, patinya dalam beberapa menit/atau Jam website tersebut sudah muncul dihasil pencarian dengan kuery yang anda bidik. Anda bisa mengetahui dengan menggunakan form "site:namadomainanda.com", Meskipun website anda sudah Terindex... Namun belum bisa bersaing dengan Competitor Anda. Langkah yang harus di pilih yaitu mengoptimalkan content dan home page agar lebih ramah dengan mesin pencari terutama untuk Google. Perlu anda tahu bahwa Jumlah website dengan content seperti website anda itu banyak tersedia di Google. Seumur hidup pun anda tidak akan mampu mengunjungi satu persatu. Jadi jangan pernah berharap akan ada keajaiban dimana tiba-tiba website anda menjadi sangat spesial baik dimata Google maupun dimata audientce.


Apakah masih ada peluang agar website saya masuk dihalaman 1 Google  ...? Semuanya bisa asal tahu dasar dasar untuk mengoptimalkannya.
Logikanya Begini, "Seorang pembalap profesional tidak perlu tahu cara membuat Mobil dan mesinya, tapi mereka mampu mempelajari cara menggunakan Gas, Rem, dan kopling serta Feeling mereka untuk bisa menggunakan motor mereka diarena balap dalam mencapai kemenangan. Jadi untuk membuat website maupun Blog berada dihalaman depan, anda Perlu menggabungkan beberapa hal sebagaimana telah dijelaskan oleh pembalap diatas yaitu:
  • Isi yang Baik dan Unik dengan kepadatan Jumlah kata Kunci ( keyword)
  • Penyesuaian Tag & Title halaman 
  • dan yang terakhir adalah link Building 

Namun perlu saya Tegaskan kembali,  bahwa ilmu SEO itu bukan ilmu pasti seperti halnya matematika, Fisika, kedokteran atau yang lainya. Anda butuh ketekunan dan implementasi terhadap prinsip yang ada untuk mempelajari dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Artinya ,... Anda Bisa mempelajari SEO, tapi untuk bisa memahami dan melakukanya dengan baik anda harus mampu melakukan Praktek sendiri. anda pun harus coba mendalami perubahan pada website anda melalui pengalaman yang anda alami sendiri. Mulai dari Pembuatan Artikel, performa trafik yang didapat dan lainya. Dengan cara itu, maka ilmu SEO anda akan Semakin Canggih dan selalu dapat menyesuaikan dengan perkembangan terutama algoritma Google. Jadi panduan ini hanya sebagai Kunci dasar saja dan selebihnya untuk hasil lebih maksimal bisa anda amati sendiri dengan perkembangan yang terjadi pada website anda.


A. Optimasi SEO Artikel (Isi yang Baik dan Unik dengan kepadatan Kata Kunci)

Search Engine Google sangat menyukai website atau Blog yang memilki isi yang unik serta Relavan. Jadi anda harus mampu membuat isi dengan kriteria tersbut yaitu meliputi:

  • Kata kunci ( keyword ) yang dibidik - Saya selalu menerapakan ini sebagai bentuk dasar optimasi SEO, yaitu membidik keyword yang terdiri dari dua (2) sampai tiga (3) kata atau lebih .. dalam kata lain Menggunakan Long Tail Keyword sebagai pondasi utama agar mampu bersaing dengan competitor. Jangan membidik keyword yang terdiri dari 1 kata (Sort Keyword) karena biasanya memiliki tingkat kompetisi yang sulit. Sehingga mustahil untuk blog / website baru untuk masuk di halaman satu. Misalkan anda membidik keyword "SEO", maka mustahil untuk bisa bersaing. Gunakan long tail keyword sehingga menjadi "Optimasi SEO untuk Website" atau juga bisa seperti ini "Cara Optimasi SEO Website Baru".

  • Membuat Content Panjang & mengukur jumlah keyword - jika anda mengelola website, maka buatlah content yang banyak namun apabila mengelola blog, maka buatlah Artikel panjang yang terdiri dari 5-10% kata kunci. Panjang disini bukan berarti saya menuntut Anda agar membuat artikel yang terdiri dari ribuan kata melainkan artikel (Content) yang lebih terperinci agar pembaca dapat memahami informasi yang anda sajikan. perlu anda ketahui, Terlalu sedikit kata kunci yang diterapkan maka Search engine tidak dapat mengetahui topik tulisan anda dan sebaliknya jika terlalu banyak menaruh keyword, maka bisa bisa artikel yang Anda buat atau website anda akan dikategorikan Spam. Oleh karena itu, Gunakanlah Keyword seperlunya yaitu 5-10% saja yang masih berkaitan dengan kata kunci Utama. 

  • Konsisten Melakukanya - Jangan Menulis dan menerbitkan banyak artikel dalam satu hari jika dihari selanjutnya anda ingin berhenti dalam waktu yang lama. Lebih baik update artikel satu hari satu artikel, dengan kata lain, satu artikel per hari lebih baik dibandingkan 30 tulisan perbulan. Jika anda konsisten dalam membuat artikel, maka Google akan lebih cepat mengenal blog atau website anda karena dianggapnya blog anda dirawat dengan sungguh - sungguh dan sebaliknya jika 30 artikel per bulan, maka bisa bisa Google akan menganggap blog anda Mati. Bagaimana tidak .. hal tersebut terjadi karena dalam waktu yang panjang tidak ditemukan artikel yang fresh untuk disajikan ke audiens

Jika hal tersebut sudah dilakukan dengan baik, Tinggal tunggu waktu saja. Perubahan posisi website ke halaman pencarian utama sangat Tergantung dengan tingkat kepopuleran kata kuncinya. Waktu bisa bervariasi yaitu entah beberapa Minggu bahkan hingga beberapa bulan. Tidak cukup sampai disini saja, anda juga dituntut mendesain artikel yang telah dibuat dalam kata lain membuat kontent situs yang berguna dan kaya informasi, dan menulis halaman yang dirangkai secara jelas serta akurat pada tema tertentu. Buat daftar kunci yang akan dituangkan dalam artikel anda, dan pastikan pula bahwa blog, website atau artikel benar-benar memuat kata kunci yang menarik dan tidak dipaksakan didalamnya. Usahakan untuk menggunakan Teks, bukan Gambar atau Video untuk menampilkan judul, Isi, atau link. Google Crawler tidak mengenali teks yang terkandung didalam Gambar maupun Vidio. Namun jika anda harus menggunakan Gambar untuk konten tekstual, pertimbangkan untuk menggunakan tag "ALT" yaitu atribut untuk memasukkan beberapa isi dari teks deskriptif maupun kata kunci.  


B. Penyesuaian Tag & Title halaman

1. Optimasi SEO meta Tag description dan Keyword
Meskipun meta tag sering dikatakan kurang relevan dengan SEO, namun beberapa diantaranya seperti meta tag description dan keywords menurut pendapat saya itu masih relavan untuk kita kelola dengan baik. Gunakan meta tag description dan keyword yang sesuai dengan artikel yang Anda buat. Lantas bagaimana cara melihat meta tag dari sebuah halaman website? Jika angka menggunaka Google Crome, maka anda bisa melihat kode sumber halaman dari menu utama.pilih menu alat dan pilih menu lihat sumber Setelah anda melihat kode sumber halaman tersebut, cari baris yang mengandung kata meta name="description" dan meta name="keyword" dan ituk memperjelasnya berikut adalah contoh meta tag description dan meta tag Keyword 

<meta name="description" content="Cara Menulis artikel SEO dan berkualitas agar masuk halaman pertama di hasil pencarian Google"/><meta neme="keywords" content="Cara optimasi SEO website"/>


Anda bisa menemukan meta tag di segala platform website maupun blog seperti Blogger, Wordpress, prestashop, Joomla, webbly, dan paltform blogging lainya. Silahkan sesuaikan meta tag sesuai kebutuhan anda dan tentu relavan dengan Content yang disajikan.


2. Optimasi SEO pada judul halaman website 
Salah satu tips SEO yang harus dilakukan adalah menyesuaikan judul halaman... Biasanya ini akan muncul di bagian paling atas halaman website yang bisa disebut juga dengan "Title website / blog", Perlu anda tahu, bahwa judul halaman memiliki peran penting untuk SEO, mengapa? Berikut beberapa alasannya:


  • Search engine sangat mementingkan judul atau Title untuk mengetahui suatu Topik/isi pada suatu halaman website
  • Pengguna Search engine akan lebih tertarik untuk meng-klik website / Artikel yang memiliki title relavan dengan isi content 

Karena dua alasan inilah, anda perlu membuat judul halaman website yang sesuai dengan isi halaman tersebut. Beberapa kasus ditemukan pada suatu website menggunakan judul halaman yang sama untuk semua halaman yang ada di website mereka, ini adalah sebuah kesalahan fatal yang harus dihindari. Seharusnya judul halaman harus berbeda beda dan menyesuaikan setiap isi halaman.

Selain menggunakan halaman relavan dengan title, anda juga bisa membuat halaman dengan Title unik yang artinya beda dari kata pada umumnya, seperti halnya pada blog ini yaitu Respontrik namun membahas beragam nice, kenapa ... Karena saya memilih title yang unik, karena akan lebih mudah dikenali Google karena merupakan kata yang belum pernah diterbitkan dimanapun,.. anda tidak akan menemukan kata Respontrik di Kamus bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Itulah alasan saya lebih memilih title yang unik.

Selain unik dan Relavan, anda juga harus menerapkan keyword pada Title / Judul. Ingat, semakin spesifik dan sesuai dengan judul dengan keyword, maka kualitas blog atau website pun semakin baik. Contoh saya merapkan keyword "trik" pada Title "Respontrik" karena memang blog ini sebagian besar berisi beberapa artikel cara untuk menyesuaikan suatu masalah baik blogging, Perbankan dan tips trik lainya.

Buatlah judul atau Title website yang unik tapi relavan dengan isi halaman suatu website ..? Luangkan waktu sejenak untuk mencari judul tersebut.


C. Link Buildink ( Membangun Backlink )

Link building atau membangun backlink bisa dilakukan dengan beragam cara, antara lain:
  • Sering menyampaikan komentar di blog lain yang membahas topik sama dengan website atau blog anda dan mencantumkan link ke website anda yang dilengkapi dengan penggunakan kata kunci .. anda bisa menggunakan berkomentar di website apapun terutama dengan domain berextensi edu dan gov .. intinya tidak boleh meninggalkan komentar spam 
  • Saling tukar link, usahakan dengan website yang memiliki rangking lebih tinggi 
  • Mengirimkan artikel ke website lain dengan menyertakan link dan kata kunci ke website anda... Anda juga bisa mengirimkan artikel anda di blog Respontrik.
  • dan masih banyak cara yang bisa anda gunakan, mungkin kami akan menerbitkan diartikel berikutnya 
Apabila anda membangun backlink baik dari internal ( Inbound link ) maupun dari luar... Usahakan untuk selalu memperhatikan broken link. Broken link sendiri adalah link dalam website kita baik internal maupun external yang mati atau jika diklik akan mengahasilkan EROR. Hal ini bisa saja terjadi yang disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

  • Pemindahan sistem 
  • Domain tujuan Sudan expired
  • Website sudah mati
  • dll.
Jadi anda harus selalu memantau kondisi link dalam website agar link yang anda miliki selalu hidup dan tidak terjadi broken link. Mengapa proses broken link ini sangat penting? Sebagaimana kita ketahui bersama, Search engine dan audiens website kita sangat menyukai website yang update dan dikelola dengan baik. Broken link adalah salah satu tanda bahwa website atau blog tidak dikelola dengan kontinyu.


Bagaimana Jika setelah anda membaca panduan ini tapi Website anda tidak juga Naik di hasil pencarian Google bahkan tidak muncul sama sekali ...
Nah ini merupakan hal terpenting yang wajib anda teliti dan cek ulang, apakah ada kesalahan sebelumnya atau tidak. Untuk saya sendiri selalu mengutamakan Content artikel dan tidak pernah menjurus ke SEO seperti yang di lakukan oleh para master SEO yaitu Tanam Backlink PBN atau yang lainya. Saya hanya mengandalkan optimasi pada artikel dan Keyword saja. Namun untuk bisa masuk di urutan satu dan paling tidak di halaman 1 Google kita juga harus bersabar dan menyesuaikan usia blog kita serta banyaknya jumlah page view dalam satu hari.. kenapa.. baik akan saya bahas secara lengkap disini. Biasanya kabanyakan para blogger pemula tidak memperhatikan kualitas artikel mereka dan juga tidak memperhatikan adanya eror pada blog yang sedang di kelolanya seperti adanya link mati dalam halaman. Inilah yang menjadi salah satu sumber masalah kenapa artikel anda tidak bisa masuk page one yang bisa di artikan pula blog anda sedang terkena penyakit.


Bagaimana tidak, misalkan blog adalah manusia yang selalu ingin mendapat gizi yang cukup maka ia harus mengkonsumsi makanan serta pelengkap yang sehat. Nah ini sama pada blog yaitu artikel sebagai makanannya dan Link sebagai asupan nutrisinya, apabila link tersebut rusak, maka kemungkinan besar blog akan sakit layaknya pada manusia jika asupan nutrisi berkurang maka tubuh akan kurus dan stamina berkurang. Ini hanya perumpamaan semata. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa cek di Google web masters Tetang url yang terpengaruh atau anda bisa menggunakan tool online yang banyak bertebaran di Google. Silahkan anda hapus link tersebut dan ganti dengan link yang berkualitas dan bisa di akses oleh pengguna.


Selain permasalahan pada link yang rusak, biasanya di dominasi oleh faktor usia blog. Jika blog tersebut masih baru, (Katakanlah 2 Bulan) maka kemungkinan masuk di halaman 1 atau page one itu 40% saja dan ini saya alami sendiri. Namun bukan berarti tidak bisa ,,  ada solusi agar blog baru cepat Terindex Google dan bisa masuk di urutan teratas yaitu: Silahkan buat artikel yang panjang seperti yang sudah saya terangkan diatas lakukan minimal 10 artikel yang berbeda tema agar blog anda bisa memperoleh Page view dengan durasi kunjungan yang lama. Ini akan meningkatkan kualitas blog anda di mata Google dan kemungkinan 80% artikel lainya akan ikut terdorong dan mendapat rangking .. darimana dapatnya.. rangking tersebut di dapat dari Root domain utama yang menyalurkan ke Permalink artikel.


Biasanya Jumlah page view blog yang tinggi minimal 4000/Hari akan mudah masuk page one (masuk Urutan pertama di halaman 1 Google) meski hanya menggunakan sort keyword sekalipun. Apakah blog ber-subdomain bisa masuk page one, iya bisa asalkan tahu tekniknya dan mau menerapkan materi yang kami bahas di  halaman ini.

Kesimpulan Cara Optimasi SEO yaitu:

  • Utamakan membuat content User Experience
  • Gunakan Keyword pada Judul Artikel maupun Title 
  • Gunakan Judul artikel yang mampu Mengundang Klik
  • Tulis Artikel Panjang dalam arti lebih spesifik
  • Gunakan Internal Linking yang  bersifat relavan
  • Jangan sesekali kawathir degan Keyword Density
  • Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
  • Kurangi tulisan Bold, Italic, Underline 
  • Terapkan Elemen h1, h2 & h3
  • Gunakan URL Pendek dan Mengandung unsur Keyword Utama
  • Optimasi Meta Deskripsi baik pada halaman mapun pada artikel
  • Gunakan Attribut Alt pada Gambar
  • Gunakan Variasi Keyword agar menjadi Longtail keyword 
  • Bangun backlink seperlunya saja
  • Lakukan reset keyword sebelum mulai membuat content 

Artikel ini saya terbitka untuk mempermudah saya pribadi dan blogger pemula lainya agar bisa memahami seberapa penting peran SEO terhadap perkembangan suatu website maupun blog ... Kesimpulannya adalah, Ilmu SEO dinyataka ilmu yang tidak bisa diukur ... Semua itu tergantung dari hasil praktek uji coba... Namun saya menerapkan tutorial diatas di blog sederhana ini dan hasilnya ... Tahu sendiri lah? Apabila kalian minta untuk mempelajari silahkan namun tiga diperkenalkan untuk melakukan Copas .. mungkin saatnya anda berevolusi sekarang dengan membuat content content yang berkualitas dan mengandung unsur SEO, maka dari itu... Silahkan lihat beberapa Tols SEO yang kerap saya Gunakan untuk mengelola blog ini


 Tools SEO 


  • Webconfs.com - Untuk riset sort keyword dan memantau jumlah keyword yang berhasil menduduki  top rangking  Google 
  • Moonsy.com - Kerap saya gunakan untuk memantau rank artikel di 100 top Google, didalam Tool saya ini juga bisa mengetahui terjadinya penurunan suatu artikel
  • Analytics.google.com biasa saya gunakan untuk mengetahui posisi dan jumlah klik suatu keyword pada artikel 
  • Selebihnya akan saya tambahkan kembali nanti